Keamanan serta Keselamatan waktu kerja dengan listrik

4Dimanakah bahaya listrik ada?

Listrik sudah merevolusi kehidupan serta peradaban manusia. Hidup manusia dipermudah dengan ditemukannya listrik serta pamanfaatannya. Akan tetapi kerja dengan listrik dapat begitu beresiko sebab listrik tidak bisa dirasa atau didapati keberadaannya sampai berlangsung kontak dengan listrik. Bahaya bertambah saat badan manusia jadi jalan arus listrik, umumnya dari sumber listrik ke ground /bumi. Cukup dengan arus sebesar 25 mA lewat jantung cukup sudah untuk mengakibatkan kematian. APD seperti sepatu safety harus selalu di gunakan jika sedang bekerja karena dapat mengurangi bahaya yang terjadi.

Listrik banyak dipakai dalm kehidupan keseharian. Walau tegangan rendah dapat beresiko, tapi ada bagian-bagian atau ruang yang begitu berefek.

Perihal pertama yang butuh diingat ialah bahaya listrik/tersetrum tidak selamanya jelas tampak. Listrik menghidupkan tiap-tiap lingkungan, termasuk juga kantor/tempat kerja. Bila kita kerja dekat lampu atau computer, kabel yang mengelupas serta perlengkapan yang rusak bisa memunculkan kemungkinan yang besar.

Perlengkapan elektronik di seputar kita
Listrik dengan tegangan tinggi bisa diketemukan di area-area tertenu, seperti kamar mesin serta ruangan-ruangan MCC. Di area-aera ini ada sirkuit breaker serta transformer dengan tegangan tinggi. Cuma teknisi yang memiliki kuasa dalam mengatasi listrik tegangan tinggi yang diperbolehkan untuk masuk ke ruang itu.

Panel distribusi tegangan tinggi
Mesin-mesin yang dipakai untuk menolong proses produksi, seperti crane, forklift electirc, moblie elevated work basis, bisa jadi beresiko sebab besarnya jumlahnya daya listrik yang dipakai.

Mobile elevated work basis (MEWP)
Pemakaian pernggunaan perlatan elektronik pada ruang yang punya potensi berlangsung ledakan mempunyai kemungkinan sendiri. Tempat di mana gandum, alkohol, beberapa bahan kimia, tabung-tabung gas disimpan bisa tingkatkan kemungkinan akan bahaya listrik.

Penyimpanan tabung gas
Pekerjaan-pekerjaan seperti pengelasan serta pematrian yang membuahkan panas berlebihan ikut menaruh bahaya listrik sendiri sebab daya listrik yang dipakai relatif besar. Dan pekerjaan seperti penggerindaan atau pemotongan yang mengakibatkan percikan bunga api mempunyai bahaya kerja.

Pekerjaan pengelasan
Pembuatan yang terkait dengan bahaya listrik baik tegangan rendah atau tegangan tinggi seperti perbaikan, perawatan, atau pengujian perlengkapan listrik bertegangan tinggi mesti dikerjakan oleh teknisi yang bersertifikat. Sebelum pekerjaan dilakuakn semua sumber listrik mesti diputus salurannya serta diisolasi memakai Lock Out Tag Out (LOTO).
Keamanan waktu kerja dengan perlengkapan elektronik

Contoh panel listrik yang diisolasi

Contoh kunci LOTO
Untuk menahan kemungkinan sengatan listrik, semua perlengkapan eletronik mesti di hubungkan ke ground/tanah. Menjadi penambahan sumber listrik mesti disambungkan ke ground yang sama juga dengan perlengkapan listrik. Dalam kata lainnya semua perlatan serta elemen listrik mesti disambungkan pada ground yang sama. Kekencangan sambungan gorund mesti dicek serta dites minimum 1x dalam satu tahun untuk pastikan resistansi/hambatannya rendah (di bawah 1 ohm).

Panel distribusi medium voltage yang terbakar sebab kelebih beban serta kurang tertangani

Bahaya listrik di seputar kita
Kita tak perlu untuk kerja dengan peraltan elektornik bertegangan tinggi dulu untuk tahu berapa berbahayanya listrik. Faktanya ada banyak kemungkinan yang akan kita hadapai dimana saja kita ada serta kerja. Menjadi contoh bahaya listrik yang ada di seputar kita serta dekat dengan kehidupan keseharian kita diantaranya:
Soket listrik atau lebih diketahui dengan stop kontak. Stop kontak dapat jadi berbahya jika tidak dipakai dengan pas. Stop kontak yang rusak atau keunggulan beban dapat mengakibatkan panas berlebihan pada plat tembaga serta dapat mengakibatkan kebakaran.

Kabel listrik serta perlengkapan elektronik. Biasanya perlengkapan elektronik itu aman, tapi masih ada kemungkinan yang dapat muncul dalam penggunaannya. Kabel yang rusak atau mengelupas bisa saja begitu beresiko terutamanya jika kabel yang mengelupas itu terekspos serta berefek tersentuh orang.
Air. Air ialah penghantar listrik, menjadi kita butuh tambahan berhati-hati saat menggunaan alat elektronik dekat dengan sumber air atau di ruang yang berair.

Panel listrik. Panel listrik ialah satu almari/panel yang di dalamnya ada peralatan-peralatan elektronik yang mengatur mesin, dan jadi sumber daya dari mesin. Panel listrik dapat beresiko buat teknisi yang tidak memiliki kwalifikasi. Benda-nemda yang menghambat panel listrik dapat juga jadi kekuatan bahaya kebakaran yang berarti. Yang perlu tetap diingat sebelum kerja denga panel listrik ialah pemakaian LOTO untuk mengisolai sumber listrik.

Pertolongan pertama pada kecelakaan listrik/tersetrum serta kondisi darurat
Banyak peristiwa keseharian yang dapat menyebabkan fatal yang dikarenakan oleh listrik. Menjadi contoh kabel listrik yang putus serta jatuh di jalan. Kabel listrik bertegangan tinggi yang jatuh dapat jadi fatal jika tidak diperlakukan serta diakukan dengan benar. Bagaimana kita masih aman melawan bahaya semacam itu?
Jangan sampai sentuh kabel bertegangan tinggi apa pun yang berlangsung. Sgera hubungi petugas PLN untuk menanganinya. Serta untuk mengamankan tempat serta mengawasi orang tidak mendekat saat menanti petugas bikinlah barikade pengaman dengan radius 3 mtr..

Jika kita ada di mobil serta kabel jatuh pas diatas mobil kita, tak perlu cemas. Masih ada di mobil serta teruskan berkendara menjauh dari kabel yang jatuh. Jangan sampai keluar dari kendaraan sebelum kita ada pada jarak aman dengan kabel listrik yang jatuh itu.
Tersengatan arus listrik/tersetrum

Apakah itu tersetrum? Bahaya utama jika kita terkait listrik ialah sengatan listrik atau tersetrum. Menjadi apakah yang sebetulnya berlangsung waktu kita tersetrum atau tersengat arus listrik?
Listrik berjalan secara cepat. Kcepatannya hampir sampai 300.000 km/sec serta tetap mencari jalan paling mudah serta paling cepat untuk sampai gorund/tanah/bumi. Konduktor akan menolong listrik sampai tanah. Konduktor ialah bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Konduktor dapat berbentuk logam, air, kayu yang basah, atau badan manusia. Saluran listrik yang lewat badan kita bisa saja begitu fatal, menjadi jangan sampai tempatkan badan kita pada jalan yang dilewati arus listrik.

Apakah yang perlu kita kerjakan jika melawan bahaya ini, orang tersetrum? Tersetrum ialah kondisi yang meneror nyawa dikarenakan oleh kontak langsung dengan sumber arus listrik. Bila ada orang di sekitar kita yagn tersetrum, cari pertolongan medis selekasnya serta kerjakan banyak hal tersebut:
Janganlah sentuh korban yang tersengat arus listrik atau tersetrum. Korban mungkin masih tetap bersentuhan dengan sumber arus listrik serta jika kita menyentuh korban jadi aurs listrik bisa mengalir ikut di badan kita. Jangan sampai menyentuh korba tersetrum dengan cara langsung.

Korban tersetrum
Matikan suplai listrik. Bila sangat mungkin matikan selekasnya sumber arus listrik sebelum membantu korban. Atau kalu tidak bisa saja pakai beberapa bahan yang berbentuk isolator untuk memisahkan korban dengan sumber arus listrik dengan cara langsung. Cintih kayu serta plastik.

Matikan suplai
Sesudah diyakinkan tidak lagi ada arus listrik yang mengalir check nafas dari korban. Jika tidak didapati nafas serta denyut nadi selekasnya kerjakan RJP (Resisutasi Jantung Paru-paru).

Luka bakar karena sengatan listrik
Tidak hanya mengakibatkan tidak berhasil jantung serta kehilangan kesadaran, arus listrik dapat juga mengakibatkan luka bakar. Luka bakar karena sengatan arus lsitrik bisa saja sefatal tersetrum arus listrik, sebab luka juga bisa berlangsung dibawah kulit. Bila seorang alami luka bakar karena tersengat listrik selekasnya mencari pertolongan medis serta kerjakan banyak hal di bawah ini:

Sama dengan kecelakan korban tersetrum, kita tidak bisa menyentuh korban dengan cara langsung sebelum pastikan tidak lagi ada arus listrik yang mengalir. Mengawasi keselamatan kita sama pentignya dengan membantu korban.
Matikan sumber listrik, atau putuskan arus listrik dengan memakai beberapa bahan yang berbentuk isolator. Sesudah diyakinkan tidak lagi ada arus listrik yang mengalir kita butuh mengecek berapa kronis luka bakar yang terkena korban.

Luka bakar tingkat 1 ialah luka yang sangat mudah umumnya diikuti dengan kulit yang memerah serta mungkin akanterjadi pembengkakan di bagian badan yang terluka. Luka bakar tingkat 2 diikuti dengan turut rusaknya susunan kulit ke-2. Perihal ini diikuti dengan anggota badan yang terluka melepuh serta atau lecet dan rsa sakit yang mengagumkan di bagian badan yang terluka. Luka bakar tingkat 3 sangat serius serta dapat mengakibatkan rusaknya pada daging, otot, sampai tulang. Luka bakar pada tingkat ini diikuti dengan menghitamnya anggota badan yang terluka.
keselamatan kerja

Tetap siaga dimana saja kita ada serta kerja terpenting jika terkait dengan listrik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s